DETAIL BERITA

SIFA : PARENTS DAY 2019 IV Zubeir bin Awwam

2019-11-19 05:52:44 berita 123

SDIT Muh. Sinar Fajar, Cawas - SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas seringkali mengadakan kegiatan Parents Day, guna mempererat hubungan antara siswa dan orang tua menjadi lebih baik lagi. Kegiatan yang di agendakan pun juga tidak membosankan siswa dan tentu menambah wawasan siswa menjadi lebih luas lagi. Parents Day sendiri juga sangat bermanfaat bagi orang tua wali, sehingga orang tua wali santri dapat mengetahui perkembangan anaknya di sekolah. Parents Day kali ini diadakan di Kelas IV Zubair bin Awwam pada hari ini Selasa, 19 November 2019 di Kampus 2 SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas.

Tema kegiatan Parents Day ini merupakan materi Tematik 1 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan KD 3.9 yaitu Memahami Jenis Cedera dan Cara Penanggulangan Sederhananya. Sering kita ketahui, bahwa dunia anak sangatlah luas dan begitu menyenangkan. Karena itu anak seringkali mengalami cedera yang tidak terprediksi seperti jatuh saat bermain merupakan hal umum yang terjadi di masa kanak-kanak. Kita sebagai orang tua tentu tetap mengkhawatirkan hal tersebut, dan kita juga harus menanggulangi kejadian tersebut tidak terulangi lagi. Jika sudah seperti itu, kita perlu belajar untuk menanggulangi kejadian tersebut.

Narasumber kita kali ini adalah seorang wali santri yang berprofesi sebagai perawat di Rumah Sakit DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN. Yaitu Bp. RANO SULISTYA (Wali Santri dari Mbak Delvina, Santri Kelas IV Zubair bin Awwam) Beliau kali ini membagikan ilmu bagaimana menangani luka bakar dan membersihkan luka.

Kita tahu banyak sekali orang-orang yang menangani luka bakar menggunakan pasta gigi. Tapi apakah sudah benar cara kita menangani nya seperti itu? Sebenarnya menggunakan pasta gigi sangat tidak dianjurkan oleh para dokter kesehatan, Mengapa? Karena pasta gigi berbahaya jika di oleskan pada kulit yang terbakar dan permukaan bibir karena ada kandungan pembersih kotoran pada gigi seperti calcium carbonate, potassium citrate, atau pun zat pemutih gigi. Jika kandungan-kandungan yang ada pada pasta gigi digunakan selain pada gigi akan menyebabkan iritasi atau memperparah kondisi kulit yang terbakar. Jadi, bagaimana mengatasinya? Kita cukup menggunakan daging lidah buaya atau madu untuk dioleskan pada kulit yang terbakar.

Sedangkan, cara membersihkan luka saat juga tidak dianjurkan menggunakan alkohol. Alkohol memang cukup efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri, tapi ternyata zat ini tidak boleh digunakan untuk membersihkan luka. Ini disebabkan karena alkohol dapat menimbulkan sensasi terbakar pada luka dan merusak jaringan kulit yang sehat. Dampaknya adalah pembengkakan dan rasa gatal yang bisa salah dikenali sebagai gejala peradangan.

Selain itu, alkohol bersifat mengeringkan permukaan kulit dan berpotensi menimbulkan reaksi iritasi. Alih-alih mempercepat pemulihan, penggunaan alkohol untuk luka justru akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Hal yang sama juga berlaku pada obat antiseptik mengandung hidrogen peroksida. Seperti alkohol, hidrogen peroksida pun ampuh mencegah perkembangbiakan kuman penyebab penyakit. Namun, efek sampingnya dapat merugikan kulit karena senyawa ini membasmi habis seluruh komponen yang ada pada luka, termasuk sel-sel kulit yang sehat.

Maka dari itu, untuk membersihkan luka kita hanya perlu menggunakan air mengalir saja, dan tidak dianjurkan menggunakan alkohol karna akan berdampak seperti penjelasan diatas.

Demikian ilmu yang kita dapat dari Parents Day kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru untuk kita semua. Aamiin

 

Dokumentasi :

 

 

 

 

 

 

Sumber : https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-luka/menggunakan-alkohol-untuk-luka/amp/

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/lifestyle/read/2017/08/16/175700020/jangan-oleskan-pasta-gigi-pada-luka-bakar

KOMENTAR


Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Agar admin menampilkan komentar Anda




  • Wachidah_amirudin

    2019-11-19 08:30:15

    Subhanallah Luar biasa kreatif dan cerdas2 santri SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar

DOWNLOAD

Sayangi Buah Hati, Cegah Campak dan Rubella dengan Imunisasi MR

24 Juli 2017

Sayangi Buah Hati Cegah Campak dan Rubella dengan Imunisasi MR

24 Juli 2017

Perpustakaan

07 September 2016

BANNER

GALERI FOTO & VIDEO

"Selamat Datang di SD IT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas"