DETAIL BERITA

Mendikbud : Kebocoran Soal Cederai Mereka yang Jujur

2015-04-21 23:40:38 berita 791

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 masih mengalami beberapa masalah, salah satunya kebocoran soal. Hal ini menjadi peringatan keras dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kepada para instansi pendidikan. 

"Kejadian ini telah mencederai jutaan para pelaku pendidikan yang telah berusaha keras untuk melaksanakan UN dengan penuh kejujuran. Seperti para siswa yang telah belajar dengan keras, serta para guru yang mengajar dengan keras untuk mensukseskan UN yang jujur," kata Mendikbud di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (15/4/2015) lalu.

Mendikbud juga mengatakan, walau skala kebocoran terjadi sangat kecil, hanya 30 booklet dari 11.730 booklet yang ada atau sekitar 0.025 persen, namun hal ini tidak bisa didiamkan. 

"Untuk itu, jika melihat ada praktek kecurangan segera laporkan ke pihak yang berwenang," kata Mendikbud. 

Mendikbud mengatakan, tidak perlu ada toleransi bagi kecurangan yang selalu terjadi saat pelaksanaan UN. Menindak dengan keras dan segera melaporkan bisa menjadi tindakan utama perlu dilakukan saat melihat kecurangan itu. 

"Bagi siapa saja, jika ada oknum sekolah, perguruan tinggi negeri, ataupun instansi lainnya melihat dan menyadari bahwa ada praktik kecurangan, segera dilaporkan ke pihak yang berwajib," ujarnya. 

Mendikbud juga mengatakan perlu apresiasi kepada semua pihak yang memilih untuk melaksanakan UN dengan jujur dan menjaga integritas. Hal tersebut menjadi kekuatan untuk perbaikan UN ke depannya.

"Dengan menerapkan dan mendukung sistem UN yang mengutamakan indeks integritas, maka akan dapat mendeteksi indikasi praktik kecurangan," ujar Mendikbud.

KOMENTAR


Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Agar admin menampilkan komentar Anda




  • 2016-02-17 13:39:11

DOWNLOAD

Pendaftaran Inden Siswa Baru SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar T.P. 2024/2025

24 Oktober 2023

Rekruitment Calon Guru dan Karyawan SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar

12 Oktober 2022

Pendaftaran Inden Siswa Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 - SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar

12 Oktober 2022

BANNER

GALERI FOTO & VIDEO

"Selamat Datang di SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas - Pelaksana Program Sekolah Penggerak Kemdikbud-RI Angkatan I"