FASILITAS

Ruang Kelas yang Representatif

RUANG KELAS REPRESENTATIF

Kelas dalam arti luas adalah suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah yang sebagai kesatuan diorganisir menjadi unit kerja secara dinamis menyelenggarakan kegiatan-kegiatan belajar-mengajar yang kreatif untuk mencapai suatu tujuan.

Bagi guru maupun siswa ruang kelas adalah tempat mereka bekerja. Sehingga ruang kelas yang rapi dan menarik dapat memberi dampak yang positif bagi guru dan siswa yang sedang bekerja. Ruang kelas yang bersih, nyaman, rapi, dan menarik, menjadi tempat kerja yang menyenangkan, sehingga mampu memaksimalkan produktivitas kerja.

Kondisi fisik kelas yang baik harus :

  • Pencahayaan: kelas harus memiliki atau memperoleh cukup cahaya yang menerangi.
  • Ventilasi: sirkulasi udara dari dalam dan luar harus cukup
  • Kenyamanan: kelas itu harus rapi, bersih, sehat, dan tidak lembab
  • Letak duduk yang diatur sedemikian rupa sehingga menjadikan siswa leluasa dan dapat berinteraksi dengan temannya dalam aktivitas belajar. Misalnya dengan format huruf “U”, meja konferensi, lingkaran, dsb.
  • Penempatan siswa: seperti siswa yang pandai dengan yang kurang pandai

Implikasi Kelas Terhadap Pembelajaran

Kelas adalah salah satu faktor yang penting dalam pembelajaran.

  • Implikasi terhadap pembelajaran yang berlangsung

Kondisi kelas yang dikelola/didesign dengan baik (modern) dapat mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan siswa karena mereka merasa nyaman dan betah dengan suasana/kondisi kelas.

Sebaliknya kondisi kelas yang tidak dikelola secara baik atau hanya mengikuti kondisi yang sudah ada sebelumnya (tradisional) memungkinkan kondisi belajar di dalam kelas yang tidak kondusif dan tidak menyenangkan, serta kurang memotivasi.  Karena kelas yang kondusif adalah lingkungan belajar yang mendorong terjadinya proses belajar yang intensif dan efektif. Strategi belajar apapun yang ditempuh guru akan menjadi tidak efektif jika tidak didukung dengan iklim dan kondisi kelas yang kondusif.

 

  • Implikasi terhadap disiplin dan pembinaan karakter

Pengaturan lingkungan belajar (kelas) sangat diperlukan agar anak mampu melakukan  kontrol terhadap pemenuhan kebutuhan emosionalnya. Sehingga akan mendorong anak terlibat secara fisik, emosional, dan mental dalam proses belajar.  Dan design ruang kelas yang baik dimaksudkan untuk menanamkan, menumbuhkan, dan memperkuat rasa keberagaman dan perilaku-perilaku spiritual siswa, serta memungkinkan siswa dapat bergerak dengan leluasa sehingga tidak saling mengganggu antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Disamping itu guru dapat mengontrol tingkah laku siswa dengan pengaturan tempat duduk sehingga terjadinya tatap muka.

Selain itu dengan ruang kelas yang baik para siswa dapat berkomunikasi secara bebas, saling menghormati, dan menghargai pendapat masing-masing. Dan dengan ruang kelas yang tertata dengan baik, guru akan leluasa memberi perhatian yang maksimal terhadap setiap aktivitas siswa.

 

  • Indikasinya terhadap sistem evaluasi

Faktor penting yang menentukan hasil belajar adalah ruang kelas. Ruang kelas yang menyenangkan, siswa akan senang belajar dan secara langsung akan meningkatkan hasil belajar,dan memudahkan guru untuk mengevaluasinya.

Namun jika suasana belajar dalam kelas yang tidak kondusif dan tidak menyenangkan mengakibatkan kurang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik, dan tentu menyebabkan menurunnya minat belajar dan rendahnya prestasi siswa sehingga guru akan kesulitan untuk memberikan evaluasi hasil belajar.

DOWNLOAD

Sayangi Buah Hati, Cegah Campak dan Rubella dengan Imunisasi MR

24 Juli 2017

Sayangi Buah Hati Cegah Campak dan Rubella dengan Imunisasi MR

24 Juli 2017

Perpustakaan

07 September 2016

BANNER

GALERI FOTO & VIDEO

"Selamat Datang di SD IT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas"